PERBEDAAN TRAINER DAN FASILITATOR
Fasilitator: to make easy are more convinien. How you do some thing?
Fasilitator menggunakan dua proses
- Proses guide (pemandu)
- Movement yaitu menggerakkan dari Atau ke B, perubahan dari Atau ke B.
Menurut lansman kader yang berkualitas adalah yang mempunyai beberapa dimensi
- Dimensi personal
- Dimensi kreativitas
- Dimensi produktivitas
- Dimensi social movement (pandai bercinta)
Kader yang berkualitas harus bisa menyeimbangkan antara fikiran dan hati yaitu logis, etis, esstetis.
Fasilitator yang baik menurut Jenny Rogers yang berciri-ciri:
- Berkepribadian yang menyenagkan
- Mempunyai kemampuan sosial
- Desain fasilitator
- Ketrampilan mengorganisir kegiatan
- Cermat meilhat persoalan
- Bisa mencari solusi alternatif
- Memiliki ketrkaitan yang besar terhadap subjek/materi pendidikan
- Fleksibel dan transparan
- Pemahaman yang matang dan mumpuni terhadap materi
Fasilitator intinya adalah membuat mudah
Fasilitator terbagi menjadi
- Pembagian peran
- Pembantu fasiliator
- Tehnik dasar
- Pelatihan-pelatihan, diskusi, dll.
Yang mempengruhi seorang fasilitator
- Kemampuan mengkondisikan forum (skill)
- Komunikatif
- Menyenagkan baik fisik (good looking) maupun nonfisik (karakter)
- Menghargai argumen peserta
- Kreatif
- Menguasai materi
- Percaya diri (kesiapan mental)
- Ekspresif
Pegalaman/jam terbang menjadi sesuatu yang sangat penting dalam pembawaan fasilitator.
Fungsi fasilitator
- Memburu pengetahuan sebanyak-banyaknya
- Mengikat pengetahuan dengan ditulis
- Menyimpulkan (hal-hal tertentu)
- Menjelaskan (hal-hal tertentu)
Hal-hal yang perlu dihindari dari fasilitator
- Menggurui
- Temperamen/emosional
- Over acting
- Mengabaikan pendapat peserta (sentimen)
Metode diskusi (metode Orid)
- Obyetif (Menyampaikan data-data/fakta, Mengajak peserta untuk berfikir)
- Reflektif (Menggali reaksi, Menentukan penilaian/pendapat)
- Interpretatif (Membuat penilaian (penyelesaian)
- Dicision (Membuat keputusan)
Pedoman metode Orid
- Menggabungkan rasional dengan irasional
- Menyediakan rancangan
- Mampu menghasilkan keputusan/kesimpulan
- Memberikan penghargaan kepada para peserta
.
.
.BACA JUGA :
.
SEJARAH PMII LOKAL
.
" Bukanlah PENGECUT orang yang menghindar dari peluru, namun BODOHLAH orang yang menantang peluru tersebut hanya untuk jatuh dan tidak bangkit kembali"
.
PMII, HMI, IMM Kemanakah Engkau ?
.
SEPINTAS TENTANG GERAKAN MAHASISWA
.
Organisasi (PMII) dan Perubahan
.
MELAWAN PENJAJAHAN LEWAT KAMPUS
.
HANYA ADA DUA KATA, LAWAN DAN HANCURKAN !!!!
.
GERAKAN MAHASISWA
.
STUDY GENDER DAN KELEMBAGAAN KOPRI
.
SEJARAH NEGARA BANGSA INDONESIA
.
NDP (Nilai Dasar Pergerakan) PMII
.
VISI DAN MISI PMII
.
ANTROPOLOGI KAMPUS
.
" Bukanlah PENGECUT orang yang menghindar dari peluru, namun BODOHLAH orang yang menantang peluru tersebut hanya untuk jatuh dan tidak bangkit kembali"
.
PMII, HMI, IMM Kemanakah Engkau ?
.
SEPINTAS TENTANG GERAKAN MAHASISWA
.
Organisasi (PMII) dan Perubahan
.
MELAWAN PENJAJAHAN LEWAT KAMPUS
.
HANYA ADA DUA KATA, LAWAN DAN HANCURKAN !!!!
.
GERAKAN MAHASISWA
.
STUDY GENDER DAN KELEMBAGAAN KOPRI
.
SEJARAH NEGARA BANGSA INDONESIA
.
NDP (Nilai Dasar Pergerakan) PMII
.
VISI DAN MISI PMII
.
ANTROPOLOGI KAMPUS
ConversionConversion EmoticonEmoticon