Strategi Pemasaran Produk. Merupakan bagian inti dari keberhasilan setiap bisnis. Melalui promosi, bisnis akan dikenal. Ada banyak cara untuk melakukan prmosi bisnis, masing-masing trik bervariasi dalam hal waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan. Dan banyak pula pengusaha sukses lainnya mengkombinasikan beberapa metode promosi sekaligus. Demi menciptakan omset besar.
Berikut Beberapa Saran Yang dapat diikuti Sebagai Strategi Pemasaran Produk :
1.Menciptakan Citra Merek / Logo
Membuat merek tertentu atau logo yang menjadi ciri khas dari produk atau jasa yang kita jual. Memperkenalkan merk kepada khalayak ramai adalah tujuan kita. Hal ini akan memberikan kredibilitas bisnis anda.
Logo yang menarik dan memberi kiasan mudah diingat dan dikenal bahwa ini adalah produk kita. Logo mewakili identitas produk. Akan di tempatkan pada papan nama, kartu nama, tanda tangan email, brosur, spanduk promosi, website, media sosial, dan bahan merchandising.
Perusahaan besar memperhatikan yang satu ini. Karena inilah yang membedakan antara produk kita dengan produk lainnya. Contohnya saja pabrik rokok Mild: begitu banyaknya merek rokok mild semuanya itu memiliki logo nya sendiri.
2. Jaringan.
Membuat jaringan di yakini sebagai startegi promosi yang efektif, Jaringan dapat terbentuk dengan menjaga komunikasi yang baik diantara para pesaing bisnis, atau mereka yang memiliki usaha yang kurang lebih sama dengan bisnis kita.
Secara tidak sadar hal ini akan membentuk jaringan, dengan menginformasikan seperti apa bisnis kita, Identitas bisnis, Dan sudah berapa lama berdirinya ?
Menghadiri seminar-seminat kewirausahaan, atau membentuk komunitas dengan usaha sejenis. Jika terbentuk secara positif, kita akan banyak belajar dari mereka, strategi promosi produk apa yang di gunakan, apa kelebihan mereka dari yang belum kita lakukan dll.
3. Iklan
Metode iklan untuk bisnis seperti : membuat Billboard, papan marquee, atau tanda-tanda di sisi jalan
Beriklan di media cetak seperti dimajalah, koran, jurnal perdagangan, atau majala lainnya. Pilihlah media cetak yang sesuai dengan niche bisnis kita. Jika kita menjalankan sebuah bisnis yang bertemakan dengan teknologi jual beli handphone. Menempatkan iklan baris di majalah Komputer, Majalah Handphone mungkin akan lebih efektif.
Cara yang paling jitu untuk beriklan adalah beriklan di TV atau di siaran Radio tetapi ini tarifnya jauh sangat mahal.
Ikut aktif diacara-acara pameran juga memberi kesempatan produk kita dikunjungi oleh orang lain.
Berpromosi di internet baik dimedia sosial Seperti facebook, Twitter, Maupun Di Google Adwords.
4. Memanfaatkan Tenaga Pihak Ke 3
Jika usaha kita masih baru, dan kita mau melakukan promosi yang lebih profesioanal, lebih cepat dikenal oleh banyak orang dengan kalangann tertentu, mungkin kita dapat memanfaatkan jasa pihak ke 3. Seperti pembuatan website, menggunakan tenaga ahli SEO, mengatur akun media sosial, Memanfaatkan iklan Pay Per Klik dan baner, Tentu hal ini akan memperkaya wawasan kita tentang dunia promosi,
Kembali lagi sejauh mana produk kita bermanfaat bagi banyak orang, dan Apakah produk kita memiliki jangkauan yang luas. Karena tidak semua jenis usaaha yang dapat diikut sertakan dalam cara berpromosi pay per klik.
Usaha Salon kecantikan mungkin belum pantas di promosikan di media PPC atau klik Baner. Masih ada media promosi lain yang pantas untuk usaha salon di media lokal lainnya.
5. Merchandise gratis.
Salah satu Strategi Pemasaran produk yang kadang terlupakan adalah pemberian merchandise. Setiap ada konsumsen yang membeli produk kita, Baik itu stiker mengenail logo dan nama usaha kita, Pemberian kalender dinding maupun kalender meja, Jam dinding, Pulpen, Boneka dll, yang kesemuanya itu perlu mengikut sertakan logo yang dimiliki.
Ini kelihatan kecil atau murah tetapi akan meninggalkan kesan hangat di hati konsumen kita. Dengan begitu ia akan rela menyebar luaskan brand usaha yang kita miliki, Meskipun dari mulut ke mulut tetapi sangat membantu tenaga promosi kita secara tidak langsung.
Dan kalau konsumen yang dengan sukrela mempromosikan itu akan menjadi bahan menggaet yang sangat kuat.
6. Menjaga hubungan dengan pelanggan.
Menjaga hubungan dengan pelanggan potensial adalah salah satu trik strategi pemasaran produk. Diantara 50 pelanggan kita tentula ada 1 – 5 orang yang dapat kita pilih. Yang memiliki pengaruh yang cukup luas. Jika kita manfaatkan hubungan ini dengan baik. Seperti mengirimkan Ucapan selamat IdulFitri, Memberikan Kado ulang tahun, dll
7. Mendorong Pelanggan untuk Menyampaikan Testimoninya
Poin terakhir ini perlu dilakukan secara hati-hati, agar tidak berkesan kaku, Pelanggan yang sudah merasa dekat dan sudah menjalin kerjasama dengan kita cukup lama, Tidak akan keberatan kalau kita meminta testimoninya menggunakan produk atau jasa kita.
Kita liput dalam bentuk Video atau wawancara yang kemudian di promosikan adalah salah satu trik strategi mempromosikan produk yang efektif.
Demikianlah sedikit Ulasan Strategi Pemasaran Produk agar di kenal oleh banyak orang. Entah itu usaha Kecil, Menengah tentu membutuhkan cara bagaimana bisnisnya di kenal oleh banyak orang. Adapun pada pemilihannya nanti terserah dari pemilik usaha yang mana kira-kira paling efektif sesuai dengan waktu, biaya, dan kemampuan yang di miliki. Apakah ingin berpromosi dalam wilayah lokal atau nasional.
BACA JUGA :
ConversionConversion EmoticonEmoticon